Kamis, 17 November 2016

Belimbing wuluh Buah asli Indonesia yang kaya Manfaat




#AyoMakanBuah #FruitIndonesia2016 #BuahAsliIndonesia

Salah satu kekayaan alam Indonesia yang banyak dikenal dunia adalah keberagaman buah-buahan salah satunya Belimbing sayur/belimbing wuluh. Belimbing sayur atau belimbing wuluh (Averhoa bilimbi) di Indonesia lebih dikenal sebagai bumbu, karena itu ketersediaannya cukup melimpah pada saat pohonnya berbuah. Buah belimbing wuluh berbentuk lonjong menempel pada batang pohon, apabila tua kulitnya berwarna kekuningan. Rasa daging buahnya sangat masam dan dalam 100 gram belimbing sayur terdapat 92,5 gram air; 35 mg vitamin C; dan 13 mg fosfor.


Belimbing wuluh, ternyata juga memiliki manfaat yang begitu penting bagi kesehatan tubuh manusia. Para praktisi percaya bahwa banyak manfaat belimbing wuluh/belimbing sayur, di antaranya melancarkan pencernaan, mengatasi diabetes,mengatasi tekanan darah tinggi, sebagai obat sariawan dan gusi berdarah, menyembuhkan batuk, sebagai obat pegal linu, hingga dapat mencegah penyakit kanker.

Cara membuat jus belimbing wuluh sangat mudah, yaitu dengan mencampur 100 gram belimbing wuluh dalam 200 ml air putih matang,kemudian diberi gula atau madu sesuai kesukaan.Dapat langsung dinikmati dengan atau tanpa disaring. Demikian pula dapat ditambahkan es batu bila diinginkan. Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan memberikan Kesehatan bagi anda.

1 komentar: